14 April 2016

Resep Membuat Plecing Kangkung, Masakan Khas Pulau Lombok

Resep Membuat Plecing Kangkung, Masakan Khas Pulau Lombok
Plecing Kangkung
Plecing kangkung merupakan masakan khas di Pulau Lombok, dan merupakan makanan yang sangat favorit. Anda bisa dengan mudah menemukan makanana ini di berbagai tempat di Pulau Lombok, mulai dari warung makan kecil yang sederhana sampai restoran di hotel berbintang di beberapa tempat wisata di Lombok atau di Kota Mataram.
Masakan ini mempunyai cita rasa yang sangat khas yang rahasianya terdapat pada bumbu plecingnya , perbedaan bumbu plecing kangkung dengan bumbu masakan sejenis di pulau jawa, misalnya pecel, yaitu sayuran rebus biasanya disajikan dengan siraman bumbu kacang sebagai cita rasa utamanya, sedangkanbumbu siram untuk plecing kangkung  terbuat dari campuran jeruk limau, cabai rawit, terasi, kemiri, bawang putih, dan lain-lain.
Untuk bisa menikmati Plecing Kangkung yang lezat khas Lombok, anda tidak perlu jauh-jauh datang ke Lombok, cukup anda siapkan bahan-bahannya dan silahkan mulai memasak.

Bahan-bahan :

    2 ikat kangkung
    75 g tauge
    Kacang Tanah secukupnya
    1 Sendok makan Kelapa yang sudah diparut ( Opsional, bisa juga tanpa memakai kelapa yang diparut, tergantung selera )

Bahan untuk bumbu sambal :

   1.  8 Butir Bawang Merah
   2.  6 Siung Bawang Putih ( dibakar )
   3.  8 Buah Cabai Merah ( dibakar )
   4.  1-2 Buah Tomat Merah
   5.  5 Buah Cabai Rawit ( dibakar )atau lebih tergantung selera.
   6.  3 Buah Kemiri ( dibakar )
   7.  1 Sendok Teh Terasi bakar
   8.  Garam secukupnya
   9.  Gula pasir secukupnya
  10.  5-6 sendok makan Minyak Kelapa yang sudah dihangatkan, atau jelantah
  11.  1 Buah Jeruk Limau
   
Semua bumbu diatas tersebut 1-9 diuleg kasar, kemudian siram dengan minyak kelapa/ jelantah dan aduk rata, kemudian potong jeruk limau menjadi 4 bagian, peras airnya ke dalam bumbu dan masukkan kulit jeruk limau tersebut di dalam bumbu sambal dan aduk rata.

Cara Penyajian Plecing Kangkung :

1. Kangkung di suwir-suwir kecil-kecil memanjang dari pangkal sampai pucuk, kemudian rebus di air  mendidih yang sudah diberi garam sedikit sekitar 5 menit, angkat dan tiriskan.
2. Kacang Tanah di goreng, untuk di taburkan di aas Plecing Kangkung yang     telah siap saji.
3. Tata rapi Kangkung yang telah di suwir-suwir tadi diatas piring, kemudian siram dengan bumbu plecing yang sudah diuleg kasar hingga rata, taburkan kelapa yang telah di parut dan kacang tanah goreng.
4. Siap dikonsumsi, setelah sebelumnya bumbu-bumbu dan kangkung tersebut diaduk hingga merata dan meresap.

Ternyata sangat sederhana dan mudah sekali untuk bisa menikmati Plecing Kangkung yang lezat ala Pulau Lombok, Silahkan di coba dan dinikmati


1 comment:

  1. thank you atas informasi kulinernya, bisa jadi acuan kalo mau memasak. bisa juga mampir ke blog mengenai pinjaman kta jika berkenan

    ReplyDelete